Pages

9 Buah Yang Baik Dikonsumsi Ibu Hamil

Friday 27 November 2015

Ibu hamil membutuhkan asupan gizi yang baik untuk tubuh dan janin yang ada dalam kandungannya agar tumbuh dengan baik. Ternyata mengkonsumsi buah-buahan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi sang ibu dan janin. Apa saja buah yang bermanfaat bagi ibu hamil? Berikut adalah beberapa daftar buah-buahan yang baik dikonsumsi ibu hamil:

1. Kurma

Kurma merupakan buah yang sangat erat dengan umat muslim terutama pada bulan Ramadhan. Buah manis ini mengandung kalium, fosfor, belerang, besi, mangan, magnesium, kalsium, dan berserat tinggi sehingga baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan zat besi pada buah kurma dapat meningkatkan hemoglobin dalam darah sehingga dapat menghindari terjadinya anemia yang sering dialami ibu hamil pada awal kehamilan mereka. Selain itu kandungan kaliumnya dapat mengatasi kram yang biasa dialami ibu hamil.

2. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang kaya akan manfaat, buah asal Meksiko ini biasa dimanfaatkan untuk kesehatan dan juga kecantikan. Buah alpukat mengandung asam folat, dan vitamin B kompleks yang baik untuk perkembangan janin dalam kandungan. Selain itu kandungan asam folat ini juga baik untuk perkembangan otak dan tulang belakang janin. Jika Anda mengalami rasa mual saat kehamilan maka buah ini sangat cocok untuk dikonsumsi karena kandungan vitamin B nya dapat mengatasi rasa mual.

3. Pisang

Pisang merupakan buah yang mudah dijumpai dimana saja dan harganya pun juga terjangkau. Buah ini kaya akan kandungan kalium, serat, vitamin B dan C. Kandungan vitamin B6 nya dapat membantu perkembangan otak, system saraf, dan pembentukan sel darah merah pada janin dalam kandungan. Serat yang tinggi dalam buah ini dapat mencegah sembelit yang biasa dialami oleh ibu hamil.

4. Manggis

Manggis kaya akan vitamin C, asam folat, dan mangan yang baik untuk ibu hamil dan janinnya. Kandungan vitamin C buah manggis dapat menjaga stamina tubuh ibu hamil dan juga dapat berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit bagian perut akibat pertumbuhan janin yang membesar, kandungan asam folatnya mampu mencegah bayi lahir cacat dan prematur, sedangkan kandungan mangan dapat membantu perkembangan tulang pada janin.

5. Anggur

Buah anggur kaya akan vitamin A, kalium, folat, fosfor, sodium, dan magnesium yang baik untuk ibu hamil dan juga janin. Vitamin A ini dapat membantu menstabilkan metabolisme tubuh.

6. Mangga

Mangga merupakan buah yang banyak ditemui di mana saja dan harganya juga cukup terjangkau. Buah manis ini mengandung zat besi yang dapat mencegah terjadinya anemia selama proses kehamilan. Kandungan enzim buah mangga juga dapat mengatasi rasa mual dan muntah yang biasa dialami ibu hamil.

7. Apel

Apel merupakan buah yang kaya akan nutrisi sehingga baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Nutrisi yang terkandung dalam buah ini dapat membantu perkembangan janin dalam kandungan serta dapat meningkatkan stamina ibu hamil.

8. Jambu air

Kadar air yang tinggi dalam buah jambu air ini dapat menghindari terjadinya dehidrasi pada ibu hamil serta buah ini mengandung banyak vitamin yang dapat membantu perkambangan janin dalam kandungan.

9. Strawberry

Strawberry kaya akan kandungan magnesium, vitamin, dan omega 3 yang baik untuk perkembangan janin dalam kandungan. Kandungan omega 3 pada buah ini dapat membantu perkembangan syaraf dan otak janin serta rasa manisnya dapat menambah nafsu makan bagi ibu hamil.
Itulah 9 buah yang baik dikonsumsi ibu hamil karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan ibu dan juga perkembangan janin dalam kandungan. Image courtesy of hin255 at FreeDigitalPhotos.net