Pages

Apa Itu Komedo? Dan Seputar Tips Menghilangkan Komedo

Wednesday 23 December 2015

Siapa yang tidak mengenal istilah komedo, salah satu masalah kulit wajah yang populer setelah jerawat, komedo adalah kondisi dimana pori-pori kulit tersumbat oleh sesuatu seperti sel kulit mati, kotoran atau bahkan lemak, pori-pori yang tersumbat tersebut akan timbul menjadi tonjolan-tonjolan putih sampai hitam.

Walaupun komedo tidak berbahaya atau merusak wajah, namun jika dibiarkan komedo juga dapat terinfeksi oleh bakteri sehingga akan berubah menjadi jerawat. Terdapat beberapa penyebab utama timbulnya jerawat dikulit wajah yakni terlalu banyak mengkonsumsi makanan berminyak, wajah selalu kotor, jarang mencuci wajah, kurang tidur, dan stress.

A. Tips Menghilangkan Komedo
Untuk menghilangkan komedo bukanlah masalah yang sulit, berikut 3 tips menghilangkan komedo dengan mudah:
1. Rajin membersihkan wajah, rajin-rajinlah mencuci wajah anda minimal sehari tiga kali pada pagi siang dan malam, jika wajah anda tampak kotor setelah beraktifitas diluar ruangan maka segeralah membersihkanya, minyak berlebih juga perlu dibersihkan.

2. Makan makanan yang sehat, diet makanan harian anda juga perlu diperhatikan, konsumsi air dalam jumlah yang tepat, hindari makanan berminyak, tinggi kalori, dan makanan pedas.

3. Menggunakan kosmetik dengan tepat, jika anda memiliki maalah komedo yang berlebih, cobalah untuk menguranginya, beberapa jenis kosmetik seperti alas bedak dapat menyumbat pori-pori penyebab komedo dan jerawat.

B. Cara Alami Menghilangkan Komedo
Banyak cara yang bisa dicoba guna menghilangkan komedo dijawah dan terutama pada hidung, namun cara alami seperti menggunakan masker bisa anda aplikasikan dengan mudah selain itu masker alami tersebut juga berperan dalam menutrisi kulit wajah anda, berikut masker alami untuk menghilangkan komedo:

1. Masker baking soda
Selain baking soda dapat menghilangkan bekas jerawat dan mencerahkan kulit wajah, masker baking soda juga dapat digunakan untuk menghilangkan komedo. campurkan 1 sendok makan baking soda dengan 2 sendok makan air matang, setelah diaduk dan menjadi pasta maka maseker baking soda bisa langsung digunkan dengan cara meratakan pada kulit wajah yang berkomedo, pijat-pijat beberapa menit kemudian biarkan selama 15 menit kemudian bilas.

Perlu diperhatikan jika masker ini membuat kulit anda iritasi maka hentikan segera pemakaiannya.

2. Masker pasta gigi
Pasta gigi juga tak kalah bermanfaatnya dalam menghilangkan komedo, kandungan fluoridine mampu membersihkan kotoran wajah serta menghilangkan komedo. pilihlah pasta gigi mint dan jika ada pilih pasta gigi organik karena lebih efektif dibandingkan dengan pasta gigi biasa.

Aplikasikan pasta gigi pada wajah terutama pada bagian yang berkomedo, pijat-pijat beberapa menit kemudian basuh.

3. Masker Kentang
Gunakan kentang sebagai masker wajah alami, parut kentang secukupnya kemudian aplikasikan merata keseluruh wajah, lakukan pada pagi dan malam hari untuk mendapatkan hasil maksimal.

4. Masker lemon
Lemon (air perasan) selain dapat memutihkan dan membersihkan sel kulit mati pada wajah, lemon juga dapat menghilangkan komedo. Gunakan air perasan llemon sebagai masker dengan menambah bahan-bahan alami lainnya atau juga cukup digunakan sebagai pelembab wajah saat malam hari.

Masker lemon juga memiliki efek seperti masker baking soda, dimana jika diaplikasikan terlalu sering bisa mengakibatkan iritasi kulit.

Beberapa masker alami lainnya juga bisa digunakan untuk menghilangkan komedo seperti masker telur, lidah buaya, madu, dan masker pisang.