Pages

Cara Melatih Dan Mengasah Otak Kiri Dan Kanan

Thursday 24 December 2015

Salah satu organ utama manusia adalah otak, organ ini berfungsi untuk mengendalikan seluruh indera yang ada dalam tubuh malalui syaraf. Otak terdiri dari dua bagian yaitu tak kiri dan kanan, sebagian besar orang hanya menggunakan otak kirinya sehingga kerja otak mereka tidak dapat bekerja secara seimbang. Keseimbangan antara otak kiri dan kanan dapat membawa dampak posistif bagi kehidupan kita. Lalu bagaimana cara mengasah otak agar keduanya seimbang?

Inilah Cara Mengasah Otak Kiri Dan Kanan
Berikut adalah beberapa metode untuk mengasah dan juga memaksimalkan kerja otak kiri dan kanan yang dapat Anda praktekkan di rumah dengan mudah:
1. Berimajinasi
Berimajinasi merupakan salah satu metode efektif untuk memaksimalkan kerja otak kanan karena otak bagian ini memiliki sifat dasar yaitu peka terhadap imajinasi. Dengan sering melakukan imajinasi maka otak kanan akan semakin terasah sehingga dapat memunculkan ide-ide baru yang lebih kreatif dan imajinasi.

2. Membuat tanda tangan dengan tangan kiri
Salah satu metode untuk mengasah kerja otak kanan yaitu dengan melatih membuat tanda tangan dengan tangan kiri. Otak kanan bekerja dalam mengendalikan seluruh kegiatan tubuh bagian kiri sehingga jika ingin mengasah kerja otak kanan dapat dilakukan dengan melatih kerja bagian tubuh sebelah kiri.

3. Mengetik dengan 10 jari
Metode selanjutnya untuk mengasah kerja otak kanan yaitu dengan mengetik menggunakan 10 jari. Ternyata mengetik dengan menggunakan 10 jari tidak hanya melatih kerja otak kanan saja melainkan juga dapat memaksimalkan kerja otak kiri. Pada awalnya Anda akan mengalami pusing jika tidak terbiasa mengetik dengan 10 jari tetapi jika cara ini dilakukan secara berulang-ulang dan teratur maka otak kiri dan otak kanan akan seimbang dan kerja kedua bagian otak ini akan semakin maksimal.

4. Bersedekah
Bersedekah tidak hanya mendatangkan kebaikan dan pahala bagi kita tetapi juga dapat mengasah kerja otak kanan. Mengapa demikian? Otak kanan merupakan otak yang berfikir secara tidak logis atau tidak rasional, selain itu bagian otak ini juga merupakan pusat dari spiritualitas jiwa. Jika kita masih enggan untuk bersedekah berarti yang lebih dominan bekerja adalah otak kiri, maka untuk memaksimalkan kerja otak kanan Anda harus melatih diri untuk bersedekah kepada orang yang membutuhkan.

5. Senam otak
Senam otak merupakan salah satu cara efektif untuk mengasah kerja otak kiri dan kanan. Ada beberapa gerakan senam yang dapat dipilih untuk mengasah kerja otak kita. Pada awalnya untuk melakukan senam otak ini agak kesulitan karena anggota badan sedikit kaku akibat tidak terbiasa malakukan gerakan senam otak ini.

6. Mengerjakan tugas-tugas sulit
Mengerjakan tugas-tugas yang sulit dan besar mampu mengasah otak kerja otak kita. Selain dapat mengasah otak, mengerjakan tugas-tugas sulit juga mampu menyeimbangkan kerja otak kiri dan kanan. Namun jangan terlalu memforsir kerja otak sehingga dapat memicu stress yang berkepanjangan.

7. Mengelola stress
Terlalu banyak masalah yang dipikirkan dapat memicu stress sehingga dapat membebani kerja otak. Stress mampu membunuh sel-sel neutrons dalam otak sehingga dapat menghambat kerja otak. Jika Anda ingin mengasah otak, maka sebaiknya hindari hal-hal yang dapat memicu stress dan mulailah untuk mencari hal-hal yang membuat pikiran fress dan segar.

Demikian beberapa cara untuk mengasah kemampuan otak dan juga cara untuk menyeimbangkan kerja otak kiri dan kanan. Selamat mencoba. Image courtesy of watipor, n at FreeDigitalPhotos.net