Pages

11 Manfaat dan Fungsi Protein Bagi Tubuh

Friday 4 December 2015

Protein merupakan zat yang banyak terkandung dalam makanan sehat seperti sayur dan buah. Zat ini memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita karena berperan penting dalam membantu kerja organ-organ penting tubuh kita. Setiap orang selalu dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein untuk menutrisi tubuh, pentingnya protein bagi tubuh ternyata tidak boleh diremehkan. Apa saja fungsi protein untuk kesehatan tubuh?

Inilah Fungsi dan Manfaat Protein untuk Kesehatan Tubuh
Berikut adalah 11 point penting fungsi protein bagi tubuh kita:
1.    Nutrisi selama diet
Protein merupakan nutrisi yang baik untuk dikonsumsi orang yang menjalankan diet karena zat ini mampu mengenyangkan dalam waktu yang lama serta cepat untuk menurunkan berat badan yang berlebih. Tetapi jumlah protein yang dikonsumsi harus sesuai dengan takarannya karena jika berlebih dapat menyebabkan kenaikan berat badan secara lebih cepat.

2.    Kesehatan jantung
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan secara acak ternyata menambah jumlah protein dalam porsi makan sebagai pengganti karbohidrat mampu menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan tekanan darah yang dapat memicu timbulnya penyakit jantung koroner. Sumber protein yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan jantung adalah ikan karena memiliki kandungan lemak yang lebih rendah jika dibandingkan dengan daging.

Telur sumber protein
3.    Mengatasi masalah stress
Stress merupakan salah satu masalah yang banyak diderita olehs ebagian besar orang. Ternyata mengkonsumsi lebih banyak protein dapat mengurangi tingkat stress seseorang, hal ini berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti Belanda. Berdasarkan sampel 58 orang yang mengalami stress, mereka diberi perlakuan untuk mengkonsumsi protein whey dan ternyata depresi yang mereka alami berangsur-angsur menurun lebih ringan dari sebelumnya. Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa protein mampu mempengaruhi kerja serotonin otak.

4.    Meningkatkan kerja otot
Protein merupakan sumber nutrisi pertama bagi kerja otot sehingga Anda perlu mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan protein. Dalam setiap aktivitas harian, kita selalu menggunakan kerja otot sehingga asupan protein yang pas akan meningkatkan kerja otot kita. Kita dapat memperoleh protein dari berbagai makanan seperti ikan, daging, atau sumber protein lainnya.

5.    Meningkatkan kekebalan tubuh
Protein merupakan bentuk lain dari zat antibodi yang dapat mencegah timbulnya infeksi sehingga dapat meningkatkan system kekebalan tubuh. Cara kerja protein dalam meningkatkan system imun adalah dengan mendeteksi semua antigen yang masuk dalam tubuh seperti virus dan bakteri lalu menghancurkannya.

6.    Sumber energi
Protein merupakan salah satu sumber energi bagi tubuh kita, jadi tak heran jika banyak atlet yang mengkonsumsi protein selama pertandingan mereka. Namun jika Anda mengkonsumsi protein dengan karbohidrat tinggi maka tubuh akan mengambil energi dari karbohidrat dan protein diubah menjadi lemak, sehingga menurunkan konsumsi karbohidrat dan menambah konsumsi protein banyak dianjurkan diet.

7.    Kesehatan rambut
Ternyata rambut sehat dan berkilau kuncinya adalah protein. Zat ini dibutuhkan rambut untuk meregenerasi sel-sel rambut serta memperbaiki otot rambut yang rusak dan menguatkannya.

8.    Kesehatan tulang
Selain kalsium ternyata protein juga dibutuhkan untuk kepadatan tulang, hal ini berdasarkan penelitian yang menyebutkan bahwa seseorang yang kekurangan protein alam tubuhnya akan berisiko tinggi mengalami osteoporosis.

9.    Memperbaiki sel
Protein berfungsi dalam memperbaiki dan membangun kembali sel-sel yang telah rusak, sehingga asupan protein yang cukup dibutuhkan untuk kesehatan tubuh. Saat tidur tubuh akan berusaha memperbaiki sel-sel yang rusak dengan sel-sel yang baru maka pada saat itulah komponen protein sangat dibutuhkan.

10. Mempercepat kesembuhan
Saat anda memiliki luka atau selesai melakukan operasi makanan yang harus anda banyak konsumsi adalah makanan yang banyak mengandung protein, kandungan asam amino yang terkandung didalam protein dapat membantu tubuh membentuk sel dan jaringan baru yang rusak akibat operasi, sehingga luka yang anda miliki cepat sembuh dan menghilang. Protein juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh dengan cara membentuk antibodi.

11. Membentuk senyawa penting tubuh
Protein juga berperan dalam membentuk senyawa penting tubuh, hormon dan hemoglobin adalah salah satu senyawa dalam tubuh yang terbuat dari protein. kedua senyawa tersebut memiliki peranan masing-masing dalam tubuh kita. Hormon berfungsi menjaga metabolisme dalam tubuh sedangkan hemoglobin berperan dalam mengedarkan oksigen dari paru-paru keseluruh tubuh.

Makanan Sumber Protein
Asupan protein sangatlah penting selama masa pertumbuhan dan perkembangan baik itu pada masa anak-anak, remaja, maupun saat mengandung. untuk mendapatkan asupan protein yang cukup banyak sekali makanan yang bisa dikonsumsi mulai dari produk hewan seperti daging serta turunannya seperti telur, susu, keju, dan sebagainnya, selain itu beberapa jenis kacang-kacangan juga memiliki protein yang tinggi seperti kacang kedelai, kacang lentil, kacang merah, dan kacang hijau. untuk itu bagi anda yang vegetarian namun tetap ingin mendapatkan asupan protein yang cukup anda bisa memperbanyak mengkonsumsi jenis kacang-kacangan diatas.

Itulah 11 fungsi dan manfaat protein bagi tubuh kita, semoga dapat menjadi informasi penting bagi kesehatan tubuh kita akan pentingnya asupan protein yang cukup. Image courtesy of amenic181 at FreeDigitalPhotos.net