Pages

5 Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering Dan Kasar Dengan Perawatan Sederhana

Thursday 14 January 2016

Kulit kering dan kasar tak jarang membuat wanita menjadi minder berada di dekat pasangan, selain bikin minder kulit yang kasar juga memerlukan perawatan ekstra untuk menyamarkannya. Beberapa masalah sederhana seperti penggunaan masker pemutih wajah yang kurang tepat dapat mengakibatkan masalah ini, untuk itu sebelum anda melakukan perawatan yang tepat ketahui terlebih dahulu faktor penyebab utama anda memiliki kulit kasar.

A. Penyebab Kulit Kering Dan Kasar
Kulit kering sekaligus kasar dapat disebabkan oleh beragam masalah, mulai dari kesehatan kulit sampai kondisi lingkungan sekitar, berikut beberapa penyebab masalah kulit kasar paling utama:
1. Reaksi alergi

2. Penggunaan obat-obatan kulit tertentu, misalnya obat jerawat oles

3. Iritasi karena penggunakan produk perawatan kulit seperti sabun, nasker wajah, dan bedak yang langsung bersentuhan dengan kulit.

4. Sering berada dibawah sinar matahari tanpa menggunakan pelembab atau tabir surya.

5. Kondisi lingkungan yang dingin seperti saat pergantian musim atau terlalu lama berada didalam ruangan ber AC.

6. Akibat proses penuaan

7. Kekurangan nutrisi penting seperti vitamin E, C, dan B6

8. Perubahan hormonal didalam tubuh seperti akibat stres, hamil, dan menstruasi.

9. Eksim atau dermatitis (peradangan pada kulit)

B. Cara Merawat Kulit Wajah Kering Dan Kasar
Beberapa perawatan sederhana bisa anda lakukan untuk mengurangi dan mencegah kulit menjadi tambah kering dan kasar.
1. Mencuci wajah teratur
Cuci wajah anda 2 sampai 3 kali dalam sehari guna menghilangkan kulit yang telah rusak, gunakan sabun ringan atau sabun bayi jika tidak ada gunakan sabun wajah yang seseuai dengan kondisi wajah anda. Saat malam atau pagi hari gunakan air hangat untuk mencuci wajah agar kulit yang rusak mudah terangkat.

2. Gunakan pelembab
Secara teori dengan menggunakan produk pelembab maka kulit akan menjadi lebih lembab, pilih pelembab dengan kandungan utama bahan alami seperti yang terbuat dari susu. Saat berada diluar ruangan dan anda merasa kulit terasa kering maka gunakan pelembab semprot yang mudah dibawa.

3. Scrub wajah
Kulit yang kasar secara umum disebabkan oleh adanya kulit yang telah mati namun sulit untuk mengelupas, untuk itu gunakan scrub wajah minimal 2-3 kali dalam sebulan, gunakan scrub dengan butiran halus pada wajah diamkan kurang lebih 15-20 menit kemudian cuci sampai bersih, lanjutkan dengan penggunaan pelembab terutama saat mau keluar rumah.

Apabila anda khawatir dengan menggunakan scrub dari pabrik maka anda bisa membuat scrub sendiri dari bahan alami seperti gula, bubuk kopi, tepung almond kasar, dan garam.

4. Makan makanan sehat 
Salah satu penyebab kulit yang kering dan kasar adalah karena kurangnya tubuh akan asupan nutrisi penting,nutrisi penting seperti vitamin A, E, C, dan B sangat diperlukan tubuh guna memelihara kesehatan tubuh terutama kulit. Konsumsi banyak buah dan sayur untuk mencukupi kebutuhan nutris tersebut, namun jika diperlukan anda bisa mengkonsumsi multivitamin dengan rekomendasi dokter.

Jenis buah dengan kandungan tinggi vitamin tersebut seperti jeruk, wortel, jambu biji, kiwi, pepaya, brokoli, dan buah naga.

Selain itu cukupi kebutuhan air tubuh dengan banyak minum agar tubuh tidak mengalami dehidrasi dan kulit tetap terjaga kelembabanya.

5. Melakukan facial
Facial adalah perawatan kulit wajah yang umum diberikan oleh SPA, mencakup beberapa tahapan seperti pembersihan, eksfoliasi, penghilangan komedo, pemberian masker kecantikan, pemijatan, dan pemberian nutrisi.

Facial bisa dilakukan sebanyak 1-2 minggu sekali tergantung kondisi kulit dan kondisi lingkungan, semakin lingkungan memiliki kadar polusi tinggi maka semakin sering pula facial yang bisa anda lakukan.

C. Mengatasi Kulit Wajah Kering Dan Kasar Dengan Masker Alami
Jika anda tidak ingin kehilangan banyak uang untuk melakukan facial di spa, maka cara paling murah untuk mengatasi kulit kasar adalah dengan menggunakan perawatan tradisional dengan menggunakan masker bahan alami.

Beberapa bahan alami yang ampuh atasi kulit kering dan kasar adalah madu, minyak zaitun, alpukat, telur, tomat, dan mentimun, gunakan masker dengan bahan alami tersebut sebanyak 1-2 kali dalam seminggu dapat juga digunakan sebagai masker malam untuk hasil terbaik.

D. Tips Menghindari Masalah Kulit Kering
Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan guna menghindari agar anda tidak memiliki kulit kering dan kasar.
1. Jauhi rokok dan asap rokok
2. Istirahat yang cukup dan tidur dengan kondisi ruangan gelap
3. Tidak menggosok kulit wajah dengan keras
4. Tidak berlama-lama dibawah sinar matahari
5. Jauhi lingkungan yang berpolusi. Image courtesy of posterize at FreeDigitalPhotos.net