Pages

Cara Menghilangkan Kutu Pada Kucing

Tuesday 5 January 2016

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang populer dikalangan masyarakat, tingkah laku lucu dan manja serta wajah yang imut membuat hewan ini digemari para remaja untuk dipelihara. namun saat  kucing tidak mendapatkan perawatan yang cukup baik seperti rutin memandikanya, kucing kadangkala terkena kutu, dan membuat penampilanya menjadi jelek dan kita risih untuk memegangnya.

Tanda kucing terkena kutu
Banyak sekali tanda-tanda kucing kita terkena kutu, mulai perubahan tingkah laku sampai penampilanya secara kasat mata, berikut diantaranya.
1. Kucing sering menggaruk
Tanda paling mudah dilihat dari tingkah laku kucing yang terkena kutu adalah kucing akan sering kali menggaruk tubuhnya, terutama pada bagian tubuh yang terdapat banyak kutu dan hal ini akan membuat tubuh kucing terdapat banyak luka akibat kucing menggaruk terlalu sering.

2. Bulu rontok
Bulu rontok pada kucing dapat disebabkan oleh beberapa sebab seperti kucing terkena jamur kulit terkena kutu, saat kucing terkena kutu, kutu tubuhnya akan menggigit bagian kulit tubuh kucing untuk mendapatkan makanan dan pada saat itulah kucing merasa gatal dan menggaruk tubuhnya, oleh sebab kucing terlalu sering menggaruk-garuk dapat menyebabkan bulu rontok dan rusak.

3. Nafsu makan menurun
Karena tubuh banyak kutu maka kucing akan lebih suka menggaruk tubuhnya daripada memakan makananya.

Cara menghilangkan kutu kucing
1. Memberi obat kutu
Banyak sekali obat kutu yang dijual pada toko peternakan, mulai dari obat injeksi/ suntik, bedak tabur/ semprot, sampai obat oral. namun pemberian obat yang paling ampuh adalah dengan cara disuntik dan oral, saat kedua jenis obat itu diberikan kutu yang berada diluar kulit maupun didalam kulit kucing akan cepat mati, sedangkan obat tabur hanya membunuh kutu yang berada diluar kulit.

2. Memberi perawatan alternatif
Cara ini adalah cara termudah dan tercepat yang bisa kita lakukan, namun tidak disarankan untuk kucing yang menderita kutu yang sudah parah atau bahkan kucing memiliki banyak luka karena kutu. diantara perawatan alternatif adalah sebagai berikut:
a. Memandikan kucing
Saat anda mengetahui kucing anda terkena kutu maka cepat-cepatlah memandikanya dengan sabun agar kutu yang menempel pada rontok, cuci juga perlengkapan kandang kucing agar bebas kutu, lakukan hal ini 2-3 hari sekali karena telur kutu dapat menetas pada rentang hari tersebut.

b. Menyisir bulu kucing
Jika anda memiliki sisir kutu, anda bisa menggunakanya untuk menyisir kutu pada bulu kucing agar kutu dan telurnya benar-benar menghilang, lakukan selama beberapa hari sampai kutu kucing anda benar-benar menghilang.

c. Memberi obat alternatif
Obat alternatif kadangkala sangat berguna memberantas kutu kucing, seperti kapur barus dan kapur ajaib, pada dasarnya kapur ajaib bersifat insektisida atau pembunuh serangga, dan kutu kucing adalah salah satu jenis serangga. Perlu diingat saat anda memberikanya agar kucing tidak menjilatnya, taburkan kapur yang telah dihaluskan pada seluruh bagian kucing kecuali muka, gosok-gosok beberapa menit kemudian langsung mandikan kucing anda.

Apabila anda tidak memiliki waktu untuk memberikan obat atau bahkan memberikan perawatan alternatif anda bisa membawanya ke dokter hewan.