Pages

Manfaat Masker Tomat Untuk Kulit Wajah Dan Cara Membuatnya

Monday 11 January 2016

Tomat adalah salah satu buah yang memiliki banyak kegunaan, mulai dari makanan sampai dengan kecantikan, tomat dikonsumsi dengan beragam cara, mulai dari salad, saos, minuman, sampai dengan dimakan mentah.

Namun dewasa kini penggunaan tomat lebih populer dalam dunia kecantikan, tomat digunakan sebagai salah satu buah untuk diet dan untuk mempercantik kulit tubuh terutama wajah.

Kandungan dan manfaat masker tomat
Kandungan buah tomat paling tinggi adalah kandungan vitaminnya, tomat tinggi akan vitamin A, C, dan B-6, ketiga vitamin tersebut sangatlah penting dalam menjaga kesehatan kulit.

Vitamin A terkenal ampuh dalam menghaluskan, dan mencerahkan kulit, selain itu vitamin A juga dapat mencegah tanda-tanda terjadinya penuaan dini. untuk itu pada beberapa produk kecantikan seperti krim malam banyak mengandung vitamin A atau senyawa turunanya seperti retinol.

Vitamin C juga tak kalah ampuh khasiatnya dibanding vitamin A, vitamin C terkenal sebagai antioksidan alami, dimana vitamin C berperan penting dalam menjaga kulit dari serangan radikal bebas, selain itu vitamin C mampu mencerahkan kulit dengan cara merangsang pembentukan kolagen.

Sedangkan vitamin B-6 merupakan jenis vitamin yang kurang populer diketahui masyarakat, vitamin ini memegang peranan penting dalam proses metabolisme tubuh, perbaikan jaringan tubuh, dan pembentukan sel. Seseorang yang mengalami kekurangan vitamin ini akan menunjukkan tanda seperti kulit kusam dan pecah-pecah.

Pada bauh tomat memiliki kandungan vitamin A sebesar 20%, vitamin C 28 %, dan vitamin B6 sebesar 5%.

Cara membuat masker tomat
Masker tomat merupakan masker dengan bahan alami, cocok untuk beragam kondisi kulit seperti kulit kering, kasar, kusam, dan berjerawat, untuk membuatnya juga sangat mudah, berikut ini tutorialnya:
  • Siapkan 1 buah tomat matang segar, mangkok, garbu/ sendok, handuk dan air hangat
  • Haluskan buah tomat dengan menggunakan sendok atau untuk lebih mudah dapat menggunakan blander sampai halus.
  • Bersihkan kulit wajah dengan mencuci menggunakan air hangat kemudian keringkan menggunakan handuk kering.
  • Tomat yang sudah menjadi bubur bisa langsung digunakan dengan cara mengoleskan pada seluruh permukaan wajah dan leher.
  • Pijat-pijat lembut beberapa menit terutama pada bagian kulit yang bermasalah.
  • Biarkan masker tomat menempel pada kulit wajah anda selama 20-30 menit, atau bisa dibiarkan sampai masker mengering.
  •  Cuci wajah anda dengan menggunakan air hangat sampai benar-benar kering, kemudian keringkan.
  • Masker tomat bisa dipakai seminggu sekali untuk mendapatkan hasil terbaik.
Masker buat tomat terbukti secara alami memperbaiki masalah kulit, campurkan berbagai bahan alami lainnya seperti air jeruk lemon, madu, olive oil dan sebagainya untuk mendapatkan hasil terbaik. Image courtesy of dan at FreeDigitalPhotos.net